Siswa dapat menuliskan model matematika hubungan antara jari-jari lingkaran ( r ) dengan keliling lingkaran (K)
RINGKASAN MATERI
Lingkaran adalah sebuah bidang datar yang memiliki titik pusat (O) di tengah-tengah bidang. Jarak titik pusat (O) terhadap titik-titik yang terletak pada garis lingkaran adalah sama. Bayak benda-benda di sekeliling kita yang bentuknya lingkaran, seperti keping CD/DVD, meja, dan lain-lain.
Namun bagaimanakah kita dapat mengetahui keliling lingkaran tersebut jika data yang kita ketahui adalah panjang jari-jari lingkaran? Praktikum kali ini, kita akan membuat rumus hubungan antara panjang jari-jari lingkaran dengan keliling lingkaran.
ALAT DAN BAHAN PRAKTIK
A. Alat
- Penggaris/mistar pengukur jarak dengan panjang minimal30 cm
 - Alat pembuat lingkaran
 - Gunting atau pisau pemotong
 
- Kertas karton ukuran F4 sebanyak 10 lembar
 - Benang
 - Pulpen/Spidol
 
TEMPAT PRAKTIK
Dalam Ruangan atau Luar Ruangan
LANGKAH KERJA
- Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan,
 - Buatlah 10 buah lingkaran pada kertas karton dengan ukuran jari-jari lingkaran (r) yang berbeda-beda,
 - Guntinglah kesepuluh buah lingkaran tersebut,
 - Beri tanda titik pada bagian tepi bidang lingkaran yang telah dibuat dengan spidol atau pulpen,
 - Lingkarkan tali pada garis lingkaran dari karton yang telah digunting, dimulai dari titik penanda dan berakhir di titik penanda itu juga.
 - Ukur panjang tali. Panjang tali tersebut merupakan keliling dari lingkaran (k),
 - Hitung diameter lingkaran (D) = 2 x jari-jari lingkaran,
 - Lakukan hal yang sama pada semua lingkaran yang dibuat,
 - Tulislah hasil pengukuran pada tabel di bawah,
 - Hitung nilai rata-rata K/D,
 - Buatlah Laporan Praktik.
 - Arsipkan laporan anda sebagai bahan belajar di rumah.
 
| Lingkaran ke- | panjang jari-jari lingkaran ( r ) | Diameter Lingkaran (D) | Keliling Lingkaran (K) | K/D | 
| (cm) | (cm) | |||
| 1 | 5 | … | … | … | 
| 2 | 5,5 | … | … | … | 
| 3 | 6 | … | … | … | 
| 4 | 6,5 | … | … | … | 
| 5 | 7 | … | … | … | 
| 6 | 7,5 | … | … | … | 
| 7 | 8 | … | … | … | 
| 8 | 8,5 | … | … | … | 
| 9 | 9 | … | … | … | 
| 10 | 9,5 | … | … | … | 
| Rata-rata K/D | … | |||
Pengamatan:
- Bandingkan nilai K/D dari sepuluh lingkaran yang sudah dibuat.
 - Bagaimana pendapatmu dengan nilai K/D yang kamu peroleh untuk semua lingkaran? Apakah variasi panjang jari-jari lingkaran menpengaruhi nilai K/D?
 - Hitung nilai rata-rata K/D dari hasil perhitungan yang ada pada tabel. Rata-rata K/D = Jumlah dari K/D semua lingkaran di bagi dengan 10
 - Jika K/D disimbolkan dengan phi. Tuliskan bentuk matematika hubungan antara Diameter Lingkaran (D), Keliling Lingkaran (K) dengan nilai phi
 - Tuliskan hubungan antara Jari-jari Lingkaran ( r ), Keliling Lingkaran (K), dengan nilai phi
 - Tuliskan rumus menghitung nilai keliling lilngkaran (K) apabila diketahui panjang jari-jari lingkarannya.
 - Buat Kesimpulan hasil pengamatan.
 
LAPORAN SINGKAT HASIL PRAKTIK
Isi Laporan:
- Kata Pengantar
 - Daftar isi
 - Pendahuluan: Tujuan Praktikum, Alat dan Bahan, Langkah kerja
 - Teori: Singkat
 - Hasil dan Pembahasan: Penjelasan detil tentang apa yang anda lalukan mengikuti tahapan-tahapan dalam langkah kerja sesuai dengan keadaan lapangan
 - Simpulan dan Saran
 - Foto kegiatan praktik
 
VIDEO
Belum ada video yang diupload

No comments:
Post a Comment
RUANG DISKUSI