Sunday 23 September 2018

MENERAPKAN KONSEP TRIGONOMETRI untuk MENGITUNG TINGGI BENDA


TUJUAN PRAKTIK

Siswa dapat menghitung tinggi sebuah benda yang berjarak tertentu dari posisinya dengan menggunakan konsep trigonometri.

TEORI

Perbandingan trigonometri berdasarkan gambar segitiga berikut adalah




Tinggi menara berdasarka gambar di atas adalah y1 + y.


ALAT DAN BAHAN

  1. Alat
  2. Gunting
  3. Mistar pengukur sudut
  4. Tripod segitiga (apabila tidak tersedia dapat digantikan dengan sebatang tongkat dengan panjang 150 cm)
  5. Roll meter panjang 50 m

Bahan

  1. 1 lembar Kertas Karton ukuran F4
  2. Lem kertas secukupnya atau dapat digantikan dengan selotip/lakban bening.
  3. Doubletip secukupnya
  4. Benang
  5. Pemberat kecil atau dapat digantikan dengan sebuah kerikil

LANGKAH KERJA


Pembuatan alat praktik

  • Buatlah teropong mainan dari selembar kertas karton seperti diperlihatkan pada gambar.
  • Lekatkan mistar pengukur sudut pada badan teropong
  • Ikatkan beban/kerikil pada ujung benang untuk dijadikan unting-unting/bandul
  • Ikatkan ujung unting-unting/bandul pada titik nol mistar pengukur sudut
  • Pasang teropong mainan pada tripod atau tongkat.
  • Akan lebih baik jika teropong dibuat dari bahan pipa paralon/ pipa air

Pengamatan
  • Tetapkan sebuah benda yang akan dihitung tingginya, misal tiang bendera, pohon kelapa, gedung, dll.
  • Tempatkan teropong yang anda buat pada jarak 20 s.d 100 meter dari benda yang akan diukur tingginya.
  • Ukur ketinggian teropong dari tanah atau lantai tempat berdirinya teropong.
  • Bidik puncak benda yang akan dihitung tingginya.
  • Catat besar sudut yang ditunjukkan oleh alat pengukur sudut pada teropong
  • Isikan semua data ke dalam tabel yang disediakan
  • Lakukan 10 kali pengukuran untuk jarak yang berbeda dari teropong ke benda yang akan dihitung tingginya.
  • Buat laporan hasil pengamatan 
  • Arsipkan laporan sebagai bahan belajar di rumah
 
No.
Ketinggian teropong dari tanah/lantai = y1
(m)
Jarak teropong terhadap benda = x
(m)
Besar sudut bacaan pada alat pengukur sudut
(derajat)
Sudut pengamatan
(α) = 90o – besar sudut bacaan
y = x tg α
1

10



2

20



3

30



4

40



5

50



6

60



7

70



8

80



9

90



10

100


 



Kesimpulan hasil pengamatan:
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................

LAPORAN SINGKAT HASIL PRAKTIK

Isi Laporan:
  • Kata Pengantar
  • Daftar isi
  • Pendahuluan: Tujuan Praktikum, Alat dan Bahan, Langkah kerja
  • Teori: Singkat
  • Hasil dan Pembahasan: Penjelasan detil tentang apa yang anda lalukan mengikuti tahapan-tahapan dalam langkah kerja sesuai dengan keadaan lapangan 
  • Simpulan dan Saran
  • Foto kegiatan praktik

VIDEO
Belum ada video yang diupload

 

No comments:

Post a Comment

RUANG DISKUSI